Peran Orang Tua Dalam Perkembangan Balita

Ijo Mas Blog - Perkembangan balita dimulai dari si kecil lahir hingga dapat mandiri. Banyak faktor yang mempengaruhi pertumbuhan dan tumbuh kembang si kecil. Sebagai orang tua, sebaiknya memberikan semua hal terbaik agar bayi tumbuh dengan sehat dan normal. Apa saja yang dibentuk ? Terbagi menjadi dua bagian yaitu perkembangan fisiknya dan perkembangan pola berfikirnya.

Pembentukan sifat juga dimulai dari balita yang mulai belajar dari orang tuanya. Jangan sampai salah dalam mendidiknya, terutama dalam masalah akhlak dan cara bagaimana menghormati orang yang lebih tua. Pola berfikirnya dipengaruhi oleh lingkungan sekitarnya. Pastikan ayah bunda berada di kawasan yang asri dan juga lingkungan yang baik akhlaknya.

Perkembangan Balita

Dari segi fisik, ayah bunda bisa memberikan makanan yang bernutrisi dan vitamin pendukung untuk si kecil. Dengan gizi yang cukup maka anak anda akan tumbuh normal dan sehat. Disamping itu, jika anak tumbuh sehat dan normal maka akan mudah untuk si kecil dalam belajar yang dapat menunjang tumbuh kembangnya.

Masih banyak lagi yang dapat menunjang perkembangan balita anda. Berikut adalah daftarnya yang dapat menjadi rekomendasi para orang tua dalam mengasuh anaknya :

1. Peran Orang Tua

Peranan ayah bunda itu sangat penting dalam keluarga, terutama dalam tumbuh kembang si buah hati. Kasih sayang ayah bunda itu tidak bisa digantikan oleh siapapun. Maka dari itu, dampingi si kecil dalam pertumbuhannya dengan selalu mendukung semua aktifitas nya yang positif.

Zaman sekarang banyak orang tua yang salah kaprah. Rela mencari rupiah namun membiarkan anak diasuh oleh baby sitter atau neneknya. Mulai dari sinilah hubungan antara orang tua dan anak menjadi tidak dekat atau tidak memiliki ikatan batin yang kuat. Usahakan untuk tetap bersama dan melihat perkembangan si kecil, cukup ayah saja yang mencari nafkah agar tidak kehilangan kasih sayang orang tua.

2. Hindari Teknologi

Sebaiknya anak dijauhkan dari yang namanya teknologi seperti televisi, handphone, dan game-game. Teknologi sangat tidak cocok dan membuat pengaruh buruk terhadap si kecil terutama kecanduan. Hindarkan buah hati anda teknologi terutama televisi dan smartphone karena si kecil belum siap untuk menggunakannya.

Jika sampai kecanduan, maka akan sulit bagi ayah bunda untuk merubah tabiat buruk yang terbentuk dari tv atau hp. Saat ini tontonan televisi sudah kurang mendidik, banyak program yang tidak bermanfaat. Belum lagi smartphone saat ini canggih bisa terhubung dengan mudahnya ke internet.

3. Faktor Lingkungan

Lingkungan tempat tinggal sangat krusial dalam membentuk karakter biah hati anda. Pilih tempat tinggal yang ideal, hindari kawasan padat yang isinya orang orang yang perkataanya kotor dan kasar. Korbankan uang sedikit lebih banyak untuk mencari lingkungan terbaik dan dapat menjadi tempat terbaik untuk tumbuh kembang balita anda.

Inti dari semua isi tulisan ini, jadi orang tua harus pintar dalam mengasuh balita. Jangan sampai anak anda susah diatur dan dinasehati karena kesalahan dalam pembentukan karakternya.

Saya berharap tulisan ini memotivasi anda semua yang saat ini menjadi ayah bunda. Semoga bermanfaat dan bisa menjadi bahan renungan terutama untuk yang kedua orang tuanya sibuk mencari rupiah. Tumbuh kembang anak jauh lebih penting jika dibanding dengan rupiah yang bisa habis. Jangan sampai menyesal jija salah mendidik si keci, karena akan sulit merubahnya kembali. Namanya juga anak kecil semuanya bisa dia anggap benar.
Next Post
No Comment
Add Comment
comment url